Sabtu, 30 April 2011

BUSANA-BUSANA YANG DIJADIKAN IKON DI SEJUMLAH NEGARA


  1. INDONESIA
kain batik
canting/chanting
  • Kain Batik : Kata "batik" berasal dari bahasa Jawa yang artinya “amba/menulis” dan “titik”. Batik merupakan kerajinan seni tinggi yang sudah ada menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak dulu kala. Pada zaman dahulu saat Indonesia masih terdiri atas kerajaan-kerajaan, seni batik merupakan mata pencaharian yang eksklusif, maka tidak jarang para wanitanya (perempuan Jawa) gemar sekali membatik. Batik juga memiliki motif-motif yang beraneka ragam seperti misalnya motif parang hanya digunakan oleh para bangsawan pada zamannya.
  • Kebaya   : kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian, merupakan busana nasional Indonesia yang terbuat dari kain tipis dengan penambahan payet, songket serta rajutan dengan warna yang indah. Kebaya Indonesia sudah terkenal didunia karena keaslian serta keindahan bentuknya.


Kebaya




2. INDIA :
sari/saree
  • Sari/Saree : Pakaian yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit, variasinya beragam dengan panjang 4-9 meter yang dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya, cara menggunakannya biasanya dililitkan kepinggang.


3.  KOREA SELATAN
Hanbok
  • Hanbok : merupakan pakaian tradisonal masyarakat korea selatan, umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku.


4. JEPANG

Kimono
  • Kimono : Pakaian tradisional Jepang, pada zaman sekarang Kimono digunakan untuk acara spesial dan lebih banyak dipakai oleh wanita seperti untuk acara pertunangan dan pernikahan.  

5. THAILAND
dosa pha
  • Dosa pha, atau rok tabung : Pakaian tradisional Thailand, dosa pha terdiri dari 3 bagian, yaitu : dosa hua (kepala atau atas), dosa tua (tubuh atau bagian tengah), dan dosa timah (kaki atau batas).


(Sc :Wikipedia)


Unik dan keren-keren kan Pakaian Tradisional yang dijadikan Ikon..Dunia memang memiliki berbagai ragam budaya yang unik-unik baik dari segi busana/pakaian, kesenian, bahasa...seyogyanya kita semua sama-sama menjaga dan melestarikannya agar tidak hilang dimakan zaman...@_@

wasalam Suci ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar